Official Website

Kunjungan Universitas Hiroshima ke SMA Negeri 78

Pada tanggal 16 Juli 2024, SMA Negeri 78 menerima kunjungan dari Universitas Hiroshima yaitu Profesor Maeda dari School of Applied Biological Science, serta Eiko Abe, perwakilan dari Hiroshima University Alumni Association Indonesia. Kunjungan ini diterima oleh Kepala Sekolah dan tim manajemen SMA Negeri 78. Di awal pertemuan, kedua pihak saling memperkenalkan diri lalu  dilanjutkan dengan pengenalan profil sekolah serta profil perpustakaan SMA Negeri 78 Jakarta.

Selanjutnya, kunjungan dilanjutkan proses interaksi antara Profesor Maeda dan Eiko Abe dengan siswa siswi SMA Negeri 78 di aula perpustakaan. Profesor Maeda atau lebih dikenal dengan panggilan  “Maeda Sensei” membagi pengalamannya dalam melakukan penelitian di bidang peternakan termasuk proyek penelitian penggemukan hewan ternak Kambing  di Kediri. . Penelitian lainnya berupa manipulasi artifisial sel telur ayam melalui proses terapi infertilitas yang dapat dicermati  pada link https://gsbstop.hiroshima-u.ac.jp/interview/en/maeda.html

Siswa menyimak paparan Maeda Sensei dengan penuh antusias. “Hal apakah yang dapat memacu Profesor Maeda menjadi begitu gigih  menjalani dunia penelitian padahal situasi yang dihadapi sangatlah rumit?, demikian pertanyaan yang diajukan oleh Julia Rahman, peserta dari kelas 12 F. Maeda Sensei kemudian menjawab bahwa akar dari semua ini ketika beliau menyadari ada passion dalam dirinya terhadap dunia peternakan sehingga beliau merasa sangat terbantu dalam menghadapi rintangan dalam penelitian-penelitian yang ia kerjakan. 

Pada sesi berikutnya, Eiko Abe, perwakilan dari Hiroshima University Alumni Association Indonesia memberikan sekilas informasi mengenai perkumpulan mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang telah lulus dari Universitas Hiroshima dari berbagai wilayah di nusantara.  Perkumpulan ini memiliki program sumbangsih pendidikan berupa perkenalan kampus Hiroshima ke seluruh calon mahasiswa wilayah di jaringan HAAI di Indonesia. 

Harapan dari kunjungan Maeda Sensei dan Eiko Abe tak lepas dari harapan akan animo calon mahasiswa dari SMA Negeri 78 atau meluas hingga calon mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk menjadikan Universitas Hiroshima sebagai tujuan pendidikan.

Aktivitas ramah tamah bersama siswa ditutup dengan sesi yang sangat menarik. Maeda Sensei meminta para siswa agar berkelompok untuk bergantian mengamati pembuatan tulisan kanji pada lembaran kertas hanshi. Para siswa bersabar menunggu kesempatan berhadapan dengan Maeda Sensei. Siswa ini akan menyebutkan satu kosa kata jepang. Kata tersebut lalu di proses oleh Maeda Sensei untuk diukir dalam bentuk kanji yang indah dan artistik. 

 

Akhir dari rangkaian acara kunjungan Universitas Hiroshima adalah foto bersama Profesor Maeda, Eiko Abe beserta siswa siswi SMA Negeri 78 Jakarta. Harapan atas kunjungan Universitas Hiroshima adalah terciptanya kepercayaan serta hubungan baik antara SMA Negeri 78 Jakarta dengan Universitas Hiroshima serta Hiroshima University Alumni Association Indonesia. Sampai Jumpa Maeda Sensei. Sampai bertemu kembali Eiko Abe. Mata Aimashou! (nisamaulia).

Kunjungan Universitas Kyung Hee ke SMA Negeri 78 Jakarta

Annyeong Haseyo, kali ini SMA Negeri 78 Jakarta menerima kunjungan dari perwakilan resmi Universitas Kyung Hee, Ms.Han. Kunjungan dilakukan pada hari Jumat 26 Juli 2024. Kyung University sendiri merupakan satu dari top private university di Seoul, Korea Selatan. Terdaftar dengan peringkat 328 melalui QS World University Ranking 2025. 

Setelah berkenalan, Tim manajemen 78 kemudian memberikan paparan mengenai profil sekolah dan perpustakaan SMA Negeri 78. Tim dari Kyung Hee University terkesima dengan jumlah peserta didik SMA Negeri 78 yang sangat banyak yaitu berkisar 1200 siswa. Hal ini cukup jauh berbeda dengan jumlah siswa sekolah menengah atas di seoul yang rata-rata jumlah siswa di kelas adalah hanya mencapai 26 sampai 27 orang. 

Pertemuan ini dilanjutkan dengan diskusi interaktif dengan siswa SMA Negeri 78. Sebelumnya, Ms.Han memberikan pengarahan mengenai situasi kampus saat ini, regulasi penerimaan mahasiswa di Kyung Universitas serta beberapa program berbahasa inggris yang dapat diikuti oleh mahasiswa internasional.

Sesekali pertanyaan Ms.Han dijawab dengan bahasa korea oleh para siswa. Setelahnya, Ms.Han tersadar bahwa siswa SMA Negeri 78 memiliki ketertarikan dengan budaya korea yang sangat tinggi. Paparan mengenai kehidupan kampus pun turut membawa para siswa seperti sedang menjelajahi berbagai musim di Seoul, Korea Selatan. Beberapa pertanyaan kuis seputar Kyung Hee University diberikan dan terpilih Laura Meidina, kelas XII G sebagai pemenang dan berhak mendapatkan merchandise unik.

Kunjungan Kyung Hee University ditutup dengan foto bersama para siswa. Harapan berikutnya adalah terciptanya kerjasama pihak SMA Negeri 78 dengan Kyung Hee University. 

Keinginan besar SMA Negeri 78 untuk mengenal institusi pendidikan tinggi di Korea Selatan juga ditunjukkan dengan kehadiran para pendidik SMA Negeri 78 Di pameran Pendidikan berteman “Study in Seoul” yang diselenggarakan oleh divisi pendidikan pemerintah kota seul pada hari Sabtu 27 juli 2024 di Grand Ballroom B,Ayana Midplaza.

11 perwakilan Universitas di Seoul memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk menggali informasi mengenai pendaftaran, biaya kuliah dan biaya hidup serta bagaimana memperoleh pengalaman terbaik selama menjadi mahasiswa internasional di kampus tersebut. Tim guru yang hadir juga turut bersemangat menggali informasi dari 11 kampus peserta pameran “Study in Seoul” dengan harapan agar terbuka kesempatan yang lebar bagi siswa siswi SMA Negeri 78 melanjutkan mimpi mereka berstudi di Seoul, Korea Selatan. Hal ini sejalan dengan pepatah korea, 

회망은 꿈이 아니라 꿈을 실현하는 방법이다

hweimangeun kkumi anira kkumel silhyeonhaneun bangbeobida 

Harapan bukanlah impian, tetapi jalan membuat impian menjadi nyata.

(nisamaulia)