Official Website

Mengemban amanah sebagai guru inti program kemitraan 2019 dirjen GTK Kemendikbud memberi makna tersendiri dalam pejalanan karir saya sebagai seorang guru. Setelah didahului dengan kegiatan kunjungan guru mitra dari kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat ke SMAN 78 Jakarta untuk melihat dan mencoba kegiatan pembelajaran, giliran saya sebagai guru inti mengunjungi sekolah rekan2 guru mitra di Mempawah.

Perjalanan selama 10 hari ke Mempawah terasa berat karena harus meninggalkan keluarga. Alhamdulillah dengan dukungan suami dan anak2 akhirnya saya berangkat bersama 5 orang guru inti lainnya menuju Pontianak. 3 orang dari kami menuju kabupaten Mempawah sedang 3 orang rekan kami lainnya menuju kabupaten Sambas. Empat sekolah yang kami kunjungi di kabupaten Mempawah; SMAN 1 Siantan, SMAN 1 Sungai Pinyuh, SMAN 2 Mempawah Hilir dan SMAN 1 Anjongan memiliki keunikan masing2 dan jarak antar sekolah tersebut kurang lebih 20 – 30 Km. Dari ke empat SMAN tersebut SMAN 1 Anjongan merupakan sekolah termuda dan terjauh dari ibukota kabupaten Mempawah.

Pembelajaran di dalam kelas kami lakukan setelah kami melihat guru mitra kami melakukan pembelajaran sesuai dengan persiapan yang sudah dirancang. Kami memulai pembelajaran dengan menunjukkan video hasil kerja siswa kami yang membuat mereka antusias untuk melakukan hal yang sama yaitu melaporkan kegiatan yang mereka lakukan di sekolah dalam bahasa Inggris berbentuk laporan berita. Semangat belajar peserta didik memberi warna tersendiri terlebih lagi kami sempat melakukan teleconference dengan peserta didik kami di 78 dengan bantuan Mr. Emery walaupun terganggu masalah teknis. Kegiatan diakhiri dengan mengadakan workshop yang dihadiri oleh perwakilan dinas pendidikan Kalbar, Kepala Sekolah Mitra, Guru Mitra, Guru Imbas. Dalam kegiatan workshop ini, guru inti mempresentasikan praktik baik yang sudah dilakukan untuk membagi pengalaman kepada teman2 sejawat di kab, Mempawah. Dan membuat suatu komunitas guru inti, guru mitra dan guru imbas yang bertujuan untuk saling berbagi informasi yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran yang kami lakukan sebagai guru. Semoga program Kemitraan yang bertujuan untuk peningkatan dan pemerataan mutu guru dan tenaga kependidikan dapat tercapai. Pembelajaran yang menginspirasi peserta didik dengan melibatkan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, dan sosial. (SW) foto-foto kegiatan dapat dilihat pada menu galleri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *