Official Website

SMAN 78 Jakarta, 30 Juni 2024. Muhammad Syami Mahbudana adalah satu-satunya siswa yang mewakili SMAN 78 JAKARTA untuk mengikuti DIKLAT BELA NEGARA selama 5 hari dari tanggal 23 Juni- 28 Juni 2024 .”di saat teman- teman saya libur saya improve diri saya di kegiatan ini” ujar sami. Jumlah Peserta yang mengikuti DIKLAT BELA NEGARA 50 orang peserta. Pendidikan dan Pelatihan selama 5 hari ditempa dengan berbagai macam materi bela negara yang berlokasi di Pusdiklat Bela Negara Kemhan RI. Alhamdulillah SMAN 78 mendapatkan Peringkat 1 Siswa Terbaik dalam kegiatan tersebut. “Selama 5 hari pendidikan saya berusaha aktif dalam mengikuti kegiatan apapun itu , dari kegiatan dalam kelas maupun lapangan.
Saat hari pertama, adanya pemilihan Ketua Senat (ketua angkatan) saya mengajukan diri untuk menjadi Ketua Senat dan Alhamdulillahnya saya mendapatkan voting 2/3 dari seluruh peserta. Dan saya lah yang membuat yel-yel angkatan dan memberi nama angkatan tahun ini yaitu GARUDA MUDA, dan saya di saat itulah membuat diri saya aktif dengan menonjolkan bakat saya yaitu jiwa kepemimpinan, saya terpilih mewakilkan penyematan peserta” ujar sami yang bercita-cita menjadi TNI.

Berikut ulasan Muhammad Syami ketika mengikuti acara kegiatan Bela Negara “banyak sekali kegiatan yang harus saya ikuti disana dari mulai pagi sampai malam , disana kami di beri fasilitas mulai dari barak untuk tidur , Kelas untuk kami belajar materi dll. Sangat berbeda sekali dari pendidikan umum lainnya dan kegiatan kita sehari hari. Saya disana tidur jam set 11 malam dan bangun jam 3 pagi untuk persiapan kegiatan pagi dimulai dari senam pagi pada pukul 4.15 dan di lanjut sholat subuh, setelah itu kami sarapan pagi dan tidak lupa kami melaksanakan kegiatan rutin yaitu Apel pagi penaikan bendera.
Saat selesai nya Apel pagi langsung melakukan materi kelas. Materinya sangat berguna sekali bagi saya dan teman teman saya yang lain karena materi tersebut dari materi Bela Negara , Bahanya Narkotika dll. Dari kegiatan ini saya merasakan pertama kali snapling setinggi 20 meter , caraka malam , dan ASBN / acara Api Semangat Bela Negara , di acara ASBN tersebut saya terpilih menjadi PERWIRA ACARA . Jadi intinya kita sebagai pemuda Indonesia harus mempunyai sifat Cinta Tanah Air, saya menyarankan pemuda gen z seperti kita lah harus bisa menggantikan generasi milenial dengan lebih baik untuk menuju Indonesia emas 2045 ,dengan cara mengikuti kegiatan DIKLAT BELA NEGARA , Kalau Bukan Kita Sebagai Pemuda Indonesia, Mau Siapa Lagi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *